Pantai Papuma



Jember salah satu kabupaten dari Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal sebagai Kota Tembakau, Jember juga terkenal dengan JFC (Jember Fashion Carnival) yang merupakan sebuah event karnaval busana yang berhasil menempati peringkat empat besar karnaval terunik di dunia. Namun tidak banyak yang mengetahui kalau Jember memiliki Pantai yang eksotis yaitu Pantai Papuma.
Ada beberpa tempat yang bisa dikunjungi disini:
1. Tanjung Papuma
2. Pantai Malikan
3. Vihara Sri Wulan
4. Siti Hinggil
Baik motor dan mobil dapat menuju pantai ini karena jalannya lumayan bagus. Ada 2 jalur yang dapat dilewati untuk menuju Papuma yaitu jalur dengan melewati Pantai Watu Ulo terlebih dahulu atau langsung menuju Pantai Papuma. Jika mengambil jalur langsung menuju Papuma memang agak jauh tapi sepanjang perjalanan akan menikmati pemandangan hijau.
Papuma yang terletak di Kabupaten Jember tepatnya Kecamatan Wuluhan ini, berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Menurut situs resmi Papuma, malikan yang menjadi asal-usul nama pantai ini adalah sebuah batu datar yang mirip kerang raksasa berjajar di sepanjang bentangan pantai yang menghadap ke barat.
Papuma terletak dikawasan hutan jadi selain pasir yang putih dan lautnya yang cantik, juga akan mendapatkan pemandangan yang tidak biasa yaitu banyaknya monyet-monyet yang berkeliaran. Monyet di Papuma tidak menggangu wisatawan yang berkunjung. Akan tetapi bukan berarti mereka akan diam apabila diusik.
Tidak lengkap rasanya jika berwisata di pantai tanpa berkuliner seafood. Papuma juga terdapat tempat makan yang menyediakan menu seafood. Salah satunya adalah Kedai Bu Umi. Disini bisa nikmati berbagai macam menu seafood termasuk gurita yang merupakan favorit saya.
Terdapat pula 1 Vihara di pinggir pantai Papuma. Konon Vihara Sri Wulan ini dipercaya sebagai tempat persinggahan Ratu Laut Selatan karena Vihara ini merupakan satu-satunya yang menghadap ke Pantai Selatan.

Keindahan Papuma juga dapat dinikmati dari puncak yang diberi nama Siti Hinggil. Dengan menaiki beberapa anak tangga, akan tiba di loket Siti Hinggil dengan membayar sejumlah Rp. 10.000.
Jangan lelah. Tetap semangat menaiki anak tangga karena Puncak Siti Hinggil berada setelah Loket. 


Tibalah di Puncak Siti Hinggil.Dari sini bisa menikmati keindahan Papuma dari ketinggian..
Dalam perjalanan pulang, jalan keluar akan melewati Pantai Malikan. Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa Papuma adalah Pasir Putih Malikan jadi disimpulkan bahwa ada 2 tempat wisata Pantai disini. Yang pertama Tanjung Papuma dan yang kedua adalah Pantai Malikan.

Sekian tentang Pantai PapumaAyo JalanSelamat berwisata.

1 comment for "Pantai Papuma"

Silahkan tinggalkan komentar.